GagakTekno

Cara Membuat Sitemap Valid AMP

Berbeda dengan Sitemap Non AMP yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan sendiri akan tetapi bagaimana jika blog yang kita gunakan adalah AMP? Dari sinilah yang akan membuat sobat cukup kesulitan dikarenakan setiap Post/Laman yang kita buat harus benar-benar valid amp, jika kita menggunakan template amp seperti pada blog ini.

Seberapah penting sitemap untuk blog kita? jawabanya pasti sangatlah penting, setiap blog harus mempunyai yang namanya sitemap agar dapat mempermudah pengunjung untuk mencari sesuatu dengan cepat meski tanpa perlu dengan tombol Search. Dengan menggunakan sitemap pengunjung bisa melihat berapa banyak post yang telah dibuat dan bisa dengan cepat bila ingin mencari berdasarkan label pada blog kita.

Lantas apa perbedaan Sitemap AMP dan Non AMP? Perbedaan yang sangat jelas menurut saya adalah pada bagian iframe dan javascript, bila pada sitemap amp kita tidak diperbolehkan menggunakan internal javascript dan harus menggunakan eksternal javascript berbeda dengan yang non amp keduanya bisa karena pada sitemap non amp kita bisa leluasa untuk merubah apapun yang kita mau.

Kembali ke topik perbicaraan yaitu bagaimana membuat sitemap yang valid amp dengan mudah? tentu saja disini sudah saya siapkan kode yang sangat simple sekali karena sobat tinggal memasukkan kode tersebut dan merubah bagian urlnya saja.

Cara Membuat Sitemap Valid AMP


  1. Pertama sobat masuk ke dashboard blog.
  2. Setelah masuk sobat klik Halaman > Klik Halaman Baru > Lalu pilih "HTML" bukan "Compose".
  3. Kemudian copy kode berikut pada halaman tersebut.
  4. <amp-iframe frameborder="0" height="750" layout="fixed-height" sandbox="allow-forms allow-scripts allow-same-origin allow-modals allow-popups" src="https://cdn.rawgit.com/Txmvp/tema/15c6d1b8/sitemap/sitemap.html?url=URL BLOG SOBAT" title="Sitemap">
    <amp-img height="360" layout="fixed-height" placeholder="" src="https://2.bp.blogspot.com/-rRo__E6FsPs/Ws7U-IT8KNI/AAAAAAAAw_Q/qCwa6vKHgTIB-ytesdA4FlKrXMRYt5NMACLcBGAs/s1600/placeholder.png" width="auto">
    </amp-img>
    </amp-iframe>
  5. Lalu sobat publikasikan halaman sitemapnya.

Sobat ubah url yang saya tandai merah diatas dengan url homepage blog sobat yang terdapat pada bagian addreas bar bila sobat kurang paham.

Jika sudah selesai jangan dulu sobat close tapi cek terlebih dahulu apakah sudah valid amp atau belum, untuk melakukan pengecekannya sobat bisa klik link berikut Cek AMP
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR