GagakTekno

Tips Terhindar Phising Agar Akun Tetap Aman

Apa itu phising ? Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email. Phising ini sendiri memang modusnya bermacam-macam akan tetapi yang sering TipisGame temui adalah phising yang target nya adalah untuk meng-hack atau mengganti password akun orang lain dan biasanya akun tersebut akan mereka jual atau yang lainnya.

Memang tujuan utama para pelaku utama phising adalah untuk istilahnya menjebak orang lain dengan iming-iming event atau yang lainnya, tetapi kalau yang sering TipisGame jumpai adalah mereka memberikan sebuah link yang sudah mereka buat seunik mungkin.

Seperti contohnya apabila Sobat menemukan sebuah link yang mengatas nama kan sebuah event game atau apalah itu dan setelah Sobat buka lalu isinya adalah Sobat pasti bakalan disuruh memasukan password dan id Sobat, lalu setelah itu akun Sobat akan langsung dihack oleh pelaku phising.

Pelaku phising ini sendiri biasanya suka menjalankan aksinya di berbagai group yang menurut mereka sudah banyak sekali anggota dan rata-rata anggota dari group itu sendiri kebanyakan anak kecil, ya Sobat tau sendiri lah anak kecil kalau diberi iming-iming pasti akan nurut saja.

Dan juga ya memang tidak sedikit warga dunia maya yang terkena jebakan link phising itu tadi, nah kalau misalkan Sobat sudah terkena phising sebenarnya apa sih yang akan terjadi pada akun Sobat itu?

Yang akan terjadi setelah Sobat terjebak oleh link phising itu ya pastinya akun Sobat tidak akan bisa dibuka lagi, karena setelah Sobat memberikan atau menyerahkan id password akun Sobat nanti si penyebar phising ini akan bergegas untuk mengganti id password Sobat.

Jadi ini sedikit himbauan nih bagi Sobat yang emang sering menemukan sebuah thread dimana biasanya mereka akan menyisipkan link yang mencurigakan, nah biasanya yang banyak sekali memakan mangsa adalah apabila link phising yang berupa video event game pasti banyak sekali yang terjebak. Contoh saja jika ada event tentang skin Mobile Legends sudah banyak akun yang melayang di tangan si phising tersebut dikarenakan banyak sekali yang terkena iming iming event.

Nah buat Sobat yang baru saja masuk kedalam dunia maya harap berhati-hati nih sama yang namanya phising karena kalau Sobat lengah ya akun Sobat akan lenyap.

Tips Menghindari Phising Agar Akun Tetap Aman


Jangan asal klik link gak jelas.


Hal pertama yang harus dilakukan dalam menghindari phising adalah jangan asal klik link-link yang gak jelas, kadang kan pasti suka tuh nemuin sebuah status orang yang suka nyebar link yang gajelas dan setelah buka bakalan disuruh isi password dan lainnya.

Nah, link seperti itulah yang wajib hindari karena itu adalah modus phising yang paling sering sekali ditemukan dan ya memang betul akan disuruh memasukan password akun.

Jadi misalkan menemukan link yang gajelas seperti ini contohnya : http://skin-mlfree.ga nah seperti itu lah yang harus hindari karena itu bakalan bikin akun jadi ke hack.

Jangan Tergiur Sama Gratisan


Hal kedua yang harus lakukan dalam menghindari phising adalah jangan tergiur sama gratisan, karena biasanya modus pelaku phising itu ya memang memberikan sebuah janji janji manis yang bakalan mereka buat untuk menjebak para target yang akan mereka incar.

Misalkan para pelaku phising membuat sebuah thread dan memang isinya ya janji-janji manis, mereka sudah menyiapkan kata-kata itu dan mereka buat kata-kata itu secantik mungkin sehingga membuat para netizen menjadi penasaran dan akhirnya terjebak deh.

Biasasnya rata-rata orang tergiur dengan kata-kata dan janji-janji manis yang membuat ia terlena dan akhirnya ia langsung terima saja kata-kata itu, padahal dibalik kata-kata manis itu terdapat maksud tertentu loh gan.

Jangan Pernah Mau Mengasih ID Akun.


Yang harus kamu lakukan dalam menghindari phising adalah jangan pernah mau untuk memasukan atau memberikan id dan password kepada seseorang yang belum kenal sama sekali dan hanya kenal melalui social media.

Itu bahaya banget karena apabila menyerahkan id dan password facebook maka si pelaku phising itu tadi ya seperti yang bilang di awal, mereka bakalan langsung buru-buru buat meng-hack akun.

Dan biasanya setelah akun di hack oleh pelaku phising itu ya bisa saja buat dijadikan tindak kekerasan atau dijadikan sebagai cara untuk menebar hoax dan yang lainnya.

Apalagi kan sekarang ada hukuman buat akun yang sering sekali menebar kebencian dan bisa-bisa hukuman terberat itu ya bisa dipidanain. Jadi sekali lagi jangan pernah mau buat nyerahin id dan password kepada orang lain.

Jadi inti dari artikel ini adalah jangan pernah sesekali mengklik sebuah link gak jelas dan memberikan id ataupun password akun apapaun itu, karena bisa jadi nanti akun bakalan dijadiin buat penebar kebencian gan.

Dan satu lagi jangan terlalu percaya sama orang yang belum kenal ya karena bisa saja orang itu memiliki niat jahat kepada.
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR