GagakTekno

Cara Mengambil Screenshot di Ubuntu

Contents

Screenhost

Apa itu Screenshot (Screen Capture) ? Cuplikan layar atau tangkapan layar adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak dilayar atau peranti keluaran visual lainnya.

Mengambil suatu gambar adalah hal yang sering dilakukan oleh seseorang untuk memperlihatkan sesuatu maupun hal unik kepada orang lain seperti permainan games maupun berupa tulisan tapi bagaimana bila jika kita ingin mengambil gambar dari Linux atau Ubuntu yang berbeda dengan Windows.

Sudah pasti kita akan pusing karena berbeda sekali dengan Windows yang memiliki Software/Aplikasi nya seperti Snipping tool tapi di Linux dan Ubuntu kita harus manual sendiri untuk mengambil gambar Screenshot, mungkin ini akan membuat kamu menjadi ribet banget karena harus mengambil gambar secara manual. Tapi disitu lah hal yang seru karena kita bisa tahu penggunaan Key pada Keyboard maupun Terminal dengan hal tersebut bila kamu menggunakan Windows pasti akan spontan atau tanpa sadar menggunakan cara manual tersebut.

Tapi kita juga bisa menggunakan Tombol yang terdapat pada keyboard untuk mengambil screenhost pada linux dan ubuntu seperti tombol Print Screen adalah salah satu tombol yang bisa digunakan untuk mengambil gambar pada linux dan ubuntu yang kalian pakai. Bisa juga dengan menggunakan Terminal pada Linux dan Ubuntu bila kamu ingin mencoba untuk melakukan pengambilan gambar dengan Terminal.

Bagi kamu yang ingin tahu caranya cukup baca dibawah ini sampai selesai.

Cara Mengambil Screenshot di Ubuntu


Dengan Print Screen :

  1. Prt Sc = Mengambil screenshot satu layar penuh dan hasilnya berada di folder Pictures
  2. Alt + Prt Sc = Mengambil screenshot pada window atau jendela yang aktif, dan hasilnya berada di folder Pictures
  3. Shift + Prt Sc = Mengambil screenshot berdasarkan area, jadi anda menekan tombol Shift + Prt Sc bersamaan kemudian anda menggerakkan kursor untuk menentukan area yang akan di capture
  4. Ctrl + Prt Sc = Mengcopy clipboard satu layar penuh ke dalam clipboard. Anda dapat mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya
  5. Ctrl + Alt + Prt Sc = Mengcopy Screenshot window atau jendela yang aktif ke Clipboard. Anda dapat mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya
  6. Ctrl + Shift + Prt Sc = Mengambil screenshot berdasarkan area ke dalam clipboard, jadi anda menekan tombol Shift + Prt Sc bersamaan kemudian anda menggerakkan kursor untuk menentukan area yang akan di capture. Anda dapat mempaste-nya dengan menekan Ctrl + V pada LibreOffice Writer misalnya

Dengan Terminal :

Untuk membuat Terminal kamu cukup tekan perintah ini CTRL+ALT+T.

gnome-screenshot 

Untuk mengambil screenshot layar penuh.

gnome-screenshot -w 

Untuk mengambil screenshot program yang sedang aktif.

Tekan Enter, Setelah itu klik jendela yang ingin di screenshot secepat mungkin, “waktu menekan tombol enter, sesegera mungkin klik jendela yang diinginkan”.

gnome-screenshot -a

Dengan menggunakan perintah gnome-screenshot -a, kita dapat mengambil screenshot pada area yang kita inginkan. Cukup drag & drop mouse, lalu ambil gambar.

gnome-screenshot -i

Dengan menggunakan perintah gnome-screenshot -i, apa yang kita lakukan lebih interactive. Setelah perintah tersebut dijalankan, akan muncul jendela pop up seperti di bawah ini.

Kita dapat memilih apakah kita akan mengambil screenshot layar penuh, apakah window,  atau memilih area yang kita inginkan.
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR